Jakarta Tenggelam

Musim hujan terus mengguyur Jabodetabek sejak jum’at pagi sampai berita ini diturunkan hujan masih mengguyur Bogor. Hujan yang setiap hari mengguyur, membuat sungai Ciliwung Bogor meluap menuju Depok dan Jakarta. Akibat luapan sungai yang sangat deras, Jakarta mengalami banjir yang merata di seluruh wilayah Jakarta.

Sejak dibukanya pintu air Katulampa Bogor yang sudah mencapai 300 cm diatas normal yang biasanya hanya mencapai 80 cm, terjadi luapan yang deras. Pintu air Katulampa merupakan pintu air yang penting untuk mencegah terjadinya luapan air menuju Ibukota Jakarta. Apabila pintu air ini dibuka diatas normal, bisa dipastikan Jakarta akan kena banjir dan ini terjadi pada sabtu (03/02/2007) Jakarta mulai terkena banjir akibat luapan sungai dan hujan yang terus menerus.

Musibah banjir yang melanda Jakarta diperkirakan banjir yang terbesar sejak tahun 2000 yang sebelumnya tahun 2002 Jakarta dilanda banjir yang dahsyat. Puluhan ribu orang mulai dievakuasi dari wilayah-wilayah yang terkena banjir ke wilayah yang aman dari genangan air. Genangan airpun sudah mencapai rata-rata 150 cm dari daratan Jakarta.

Di Bogor sendiri, musibah terjadi akibat luapan air sungai ciliwung dan hujan yang terus melanda Bogor. Longsor banyak terjadi ditempat-tempat yang memiliki tebing yang curam dan wilayah yang berada dibantahan sungai. Di Pulau Geulis, kel.Baranang Siang kec.Bogor Timur khususnya yang berada di bantaran Ciliwung dan juga di beberapa daerah di Puncak. Mengkhawatirkan memang, apalagi mengingat Bogor sebagai “pondasi” Jakarta telah banyak mengalami kerusakan alam yang parah, yang apabila tidak segera disikapi dengan serius akan menimbulkan bencana yang lebih besar. Siapkah kita?

~ by deckie on 31 January, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: